MITOS ATAU FAKTA : KEDELAI DAPAT MEMBUAT KULIT SEHAT

Oleh : Shafa Almira(Universitas Airlangga)

FAKTA

Kedelai menjadi bahan pilihan makanan yang populer akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan kedelai merupakan bahan makanan yang kaya akan protein namun rendah lemak, kedelai dapat membantu penyembuhan defisiensi protein secara efektif. Kedelai merupakan bahan makanan yang umum di rumah tangga dan sering dijadikan sebagai makanan pengganti daging karena kualitas protein yang dimiliki. Kedelai mengandung sekitar 40% protein, 20% minyak, 35% karbohidrat . Lemak kedelai kaya akan antioksidan alami. Selain itu juga kedelai memiliki kandungan lainnya  yang baik untuk tubuh, kalsium, zat besi, zinc, serat, folat, asam lemak omega 3, vitamin B kompleks, dan vitamin K.

Kedelai memiliki beberapa khasiat salah satunya adalah untuk kesehatan kulit.Kedelai dapat memiliki khasiat untuk meningkatkan kelembapan kulit dan mencegah adanya keriput pada kulit. Hal ini dikarenankan kedelai memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang sangat efektif untuk mencegah keriput. Vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kolagen kulit dan elastisitas jaringan sehingga kulit tetap terlihat kencang dan sehat. Kedelai juga mengandung phyto estrogen yang menyediakan hormon estrogen pada wanita. Estrogen merupakan hormon yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Kedelai menjadi populer untuk dijadikan sebagai produk kecantikan karena kemampuan kedelai dalam mengurangi produksi melanin. Melanin merupaka pigmen kulit yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak melanin, maka kulit semakin gelap. Kedelai memiliki kandungan enzim yang dapat menghambat protease sehingga mencegah reaksi kimia yang memproduksi melanin. Ketika produksi melanin dapat dicegah maka warna kulit akan semakin cerah.

Daftar Pustaka

Atli, A. (2019, Maret 20). Soybeans 101 : Nutrition Facts and Health . Retrieved September 9, 2019, from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/foods/soybeans

Krisnawati A. 2017. Kedelai  sebagai sumber pangan fungsional. Jurnal Iptek Tanaman Pangan.12(1): 57-63.

Singh, K. R. (2019, Juni 8). 15 Amazing Benefits of Soybean for Skin, Hair, and Health. Retrieved September 9, 2019, from Beautiful Hamesha: https://www.beautifulhameshablog.com/amazing-benefits-of-soybean-for-skin-hair-health/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *