PRAMUNAS DAN LKMM

Program evaluasi tengah tahun kepengurusan ILMAGI dilaksanakan dalam bentuk Pra Musyawarah Nasional. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja seluruh departemen yang ada di ILMAGI dalam menjalankan program kerjanya selama pertengahan tahun berlangsungnya kepengurusan periode 2015-2016. Sedangkan LKMM Nasional merupakan salah satu kegiatan yang menjadi dasar bagi mahasiswa gizi yang mengikuti recruitment pengurus ILMAGI atau sebagai fungsionaris di organisasi kampus masing-masing yang mempunyai manfaat untuk pengembangan organisasinya. Pramunas dan LKMM Nasional ILMAGI dilaksanakan di Universitas Hasanuddin, Makassar pada tanggal 10-13 Desember 2015.

Rangkaian acara Pramunas dan LKMM terdiri dari opening ceremony sebagai kegiatan pembukaan Pramunas VII dan LKMM ILMAGI 2015. Acara ini diisi oleh sambutan dari beberapa perwakilan, seperti perwakilan program studi Ilmu Gizi FKM UNHAS, Ketua Forum Mahasiswa Gizi FKM UNHAS, Sekretaris jenderal ILMAGI, serta Ketua Panitia Pramunas dan LKMM 2015. Kegiatan ini juga diisi dengan beberapa penampilan seni khas Sulawesi Selatan yang disiapkan panitia sebagai ucapan selamat datang kepada para peserta.

Hari berikutnya dilaksanakan kegiatan pramunas Pra Musyawarah Nasional merupakan kegiatan musyawarah antara pengurus ILMAGI periode 2015-2016, berupa evaluasi program kerja yang telah berjalan selama setengah periode kepengurusan serta perbaikan untuk program kerja setengah periode berikutnya. Setiap departemen di ILMAGI 2015 akan mempresentasikan capaian program kerja yang telah dilaksanakan di depan para pengurus lainnya. Peserta akan memberikan tanggapan dan masukkan yang membangun pada setiap program kerja yang dipresentasikan. Sesi ini dipimpin dan dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal ILMAGI 2015. Peserta kegiatan ini adalah seluruh delegasi Pramunas VII dan LKMM ILMAGI 2015.

Acara dilanjutkan dengan LKMM (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) yang merupakan pelatihan kepemimpinan bagi pengurus ILMAGI untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan terkait pengembangan organisasi sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang menginspirasi negeri. Kegiatan ini terdiri dari lima bentuk yaitu panel diskusi/seminar, penugasan, forum group discussion (FGD), presentasi dan outbond. Adapun tujuan LKMM ini adalah memberikan pengetahuan terkait pengembangan organisasi, membantu mengoptimalkan peran penting mahasiswa, membuat mahasiswa berpikir kritis terhadap isu dan permasalahan disekitar serta mencari solusi dari permasalahan tersebut dan mencetak generasi penerus bangsa yang menginspirasi negeri.

Closing Ceremony merupakan kegiatan penutup dari seluruh rangkaian acara yang telah dilakukan. Acara penutupan ini diisi dengan pemaparan kesan dan pesan, penyerahan sertifikat dan souvenir untuk seluruh himpunan mahasiswa gizi yang hadir, dan sesi foto bersama seluruh delegasi Pramunas VII dan LKMM ILMAGI 2015.

Setelah mengikuti acara ini, diharapkan setiap departemen di ILMAGI dapat mengevaluasi hasil kerjanya selama setengah tahun kepengurusan, dan memperbaikinya di setengah tahun berikutnya. Selain itu, semoga soft skill para delegasi yang mengikuti acara LKMM ILMAGI ini menjadi berkembang dan dapat berguna ke depannya.

ILMAGI – Change for Better!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *