[ PRESS RELEASE SCIFI NEUTRON 2017 ]

124435

Acara Scifi Neutron pada tahun ini diselenggarakan di Universitas Diponegoro, Semarang. Rangkaian acara Scifi Neutron dilaksanakan pada tanggal 17-19 Maret 2017. Kegiatan Scifi Neutron 2017 memiliki tema “Maximize Youth Capacity to Support Health and Good Nutrition” dengan website resmi Scifi Neutron.

Pada hari jumat tanggal 17 maret 2017 diadakan semifinal N2O dan observasi Mifflin Competition. Semifinal N2O yaitu roleplay konseling gizi yang diadakan di Gedung B Fakultas Kedokteran Undip, sedangkan observasi Mifflin Competition diadakan di Desa Rowosari yaitu melakukan observasi ke 6 rumah warga yang sudah dipasang stiker Scifi Neutron di depan rumahnya. Pada malam harinya, acara Welcoming Party di Ruang Serba Guna Fakultas Kedokteran, dimulai dari sambutan ketua Scifi Neutron yaitu Rifial Ramadhan Manik, sambutan Wakil Sekretaris Jenderal ILMAGI yaitu Monika Aditia, sambutan Ketua Program Studi Ilmu Gizi Undip yaitu Dr. Diana Nur Afifah, S.TP.,M.Si, dan dilanjutkan sambutan dari perwakilan Dekan Fakultas Kedokteran Undip yaitu Nuryanto, S.Gz.,M.Gizi. setelah sambutan, dilanjutkan dengan penampilan dari Karawitan Fakultas Kedokteran kemudian briefing peraturan lomba untuk keesokan harinya.

Pada hari kedua, Sabtu 18 Maret 2017, para delegasi dan finalis menuju Fakultas Kedokteran untuk melanjutkan rangkaian acara. Finalis N2O melaksanakan grand final yaitu debat jurnal, finalis Dietetic Contest melaksanakan final di Laboratorium Kuliner Universitas Ngudi Waluyo, finalis Poster Competition dan finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah melakukan presentasi di ruangan yang berbeda, dan finalis Mifflin Competition melaksanakan debat dengan juri mengenai hasil observasi dan intervensi untuk Desa Rowosari. Sementara itu, delegasi tiap universitas menghadiri acara Mini Talkshow mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), talkshow sesi 1 mengenai PKM Kewirausahaan dan PKM-GT dengan pembicara Lintang Prinkaniswari dan Siti Nurkomala, talkshow sesi 2 mengenai “Kiat Membuat Poster dan Trik Presentasi PIMNAS” dengan pembicara Annisa Wijayanti dan Elserinawati. Pada malam harinya, para delegasi dan finalis melaksanakan city tour ke Lawang Sewu dan Kota Lama, Semarang.

Pada hari ketiga, Minggu 19 Maret 2017, dilaksanakannya acara puncak Scifi Neutron yaitu National Nutrition Summit (NNS) di Gedung Soedarto Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang. Acara NNS terdiri dari Seminar dan Talkshow. Pembicara seminar yaitu dr. HR Dedi Kuswenda, M.Kes selaku Direktur Promosi Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dengan materi “Penerapan SDGs di Indonesia”, Pembicara kedua yaitu Dr. Minarto, MPS selaku Ketua Umum PERSAGI dengan materi “Tingkat Kejadian Double Burden Malnutrition di Indonesia”, dan pembicara ketiga yaitu Nuryanto, S.Gz., M.Gizi selaku dosen Ilmu Gizi Undip dengan materi “Update Terkini Mengenai Double Burden Malnutrition di Indonesia”, moderator seminar adalah Fillah Fithra Dieny, S.Gz., M.Si selaku dosen Ilmu Gizi Undip. Setelah seminar dilanjutkan ishoma dan kemudian talkshow dengan guest star Muhammad Farhan selaku artis dan duta SDGs Indonesia dan Dr. Minarto selaku Ketua Persagi dengan materi talkshow yaitu “Peran Pemuda untuk Mencegah Double Burden Malnutrition Berdasarkan SDGs” yang dimoderatori oleh Rahma Medina Widy Putri selaku Mahasiswi Ilmu Gizi Undip (2013) dan penyiar radio Trax FM Semarang. Selanjutnya ada pembagian door prize dari Cimory dan Make Over selaku sponsor Scifi Neutron 2017.

Diakhir acara ada pengumuman pemenang lomba, diantaranya adalah:

Pemenang Lomba Poster:

Juara 1:  Prinanda Radiatus                (UGM)

Juara 2: Muhammad Nabil Faroj         (UNAIR)

Juara 3: Ratih Annisa S                       (UNDIP)

Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah:

Juara 1: Evita Yulianti                        (UGM)

Juara 2: Rahmawati Ramadhan          (UNDIP)

Juara 3: Khaerol Rohmayati                (IPB)

Pemenang N2O:

Juara 1: Fitri Fathonah Wahyu P        (UGM)

Juara 2: Yuliana                                  (IPB)

Juara 3: Novita Vidianti                      (UGM)

Pemenang Dietetic Contest:

Juara 1: Stevany Titin M                     (UGM)

Juara 2: Fajar Setyawan                      (UNDIP)

Juara 3: Astodhiya Pradana                (Universitas Respati)

Pemenang Mifflin Competition:

Juara 1: Rizka Nur Pertiwi                  (UB)

Juara 2: Lala Sri Fadila                       (UGM)

Juara 3: Laelatul Fitriyah                    (UNDIP)

Juara Umum:

Universitas Gadjah Mada

Acara berlangsung dengan lancar dan sukses, berkat semua dukungan dan kerja sama dari panitia Scifi Neutron 2017 serta berbagai pihak yang mendukung.

Semoga acara ini dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa gizi dalam mengikuti berbagai kegiatan ilmiah serta diharapkan dapat bermanfaat lebih demi masa depan gizi Indonesia yang lebih baik.

ILMAGI – Change for Better!

Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia

Website : www.ilmagiindonesia.org
Fanpage : Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia
Twitter : @ILMAGI
Instagram : @OFFICIAL_ILMAGI
Line : @SNV1978C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *