SCI-FI NEUTRON 2016

Salah satu acara gizi terbesar se-Indonesia, Scientific and Education for Nutrition Studen (Sci-Fi Neutron) telah selesai dilaksanakan pada 4-6 Maret 2016. Pelaksanaan Sci-Fi Neutron tahun ini bertempat di Universitas Gadjah Mada dan dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi gizi dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Hari pertama yaitu hari Jumat, 4 Maret 2016 diadakan acara welcoming party yang di Edu Hostel. Pada acara welcoming party, ini para peserta dan panitia memakai dresscode batik. Sebelum acara welcoming party dimulai, para peserta melakukan makan malam dan sholat maghrib terlebih dahulu. Pukul  19.30 WIB acara welcoming party dimulai dengan sambutan dari Yunita selaku ketua panitia Sci-Fi Neutron 2016, sambutan Ibu Siti Helmiyati selaku Kepala Bagian Prodi Gizi Kesehatan kemudian dilanjutkan sambutan dari Mba Mustika selaku Sekjend ILMAGI. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan hiburan Tari Senyum Indonesia dari AC AMSA FK UGM. Setelah itu, diputarkan video SCI-FI serta briefing peserta untuk keesokan harinya. Selanjutnya acara welcoming party ditutup, kemudian peserta dipersilahkan untuk beristirahat.

 

Di hari kedua, para peserta dibangunkan oleh para panitia untuk segera bersiap-siap. Kemudian mereka sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke FK UGM. Dihari kedua ini para finalis lomba akan memperebutkan juara. Lomba yang pertama dimulai adalah lomba N2O yang terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah tahap roleplay, dimana para peserta lomba melakukan  konseling  gizi untuk seorang probandus yang akan dinilai oleh juri. Bila peserta lolos tahap roleplay, mereka masuk ke tahap selanjutnya yaitu presentasi kasus. Untuk presentasi kasus diambil 10 orang terbaik. Para peserta yang lolos, diberikan waktu 30 menit untuk membuat bahan presentasi mengenai kasus yang mereka tangani waktu roleplay. Kemudian dilanjutkan dengan mempresentasikan kasusnya dihadapan para juri dan penonoton. Tahap terakhir dari lomba N2O adalah debat jurnal, disini hanya enam orang yang diambil untuk mengikuti babak final.

 

Sementara itu, para peserta delegasi dan peserta lomba bukan N2O mengikuti acara talkshow Nutripreuneur dengan pembicara Dita Margarini (Pemilik Healthy Catering Diet) dan Noor Lintang Anggraeni Irawadi (CEO & Owner Sarira Herbs International) sampai sekitar pukul 10.30, dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan siang. Setelah makan siang, peserta lomba LKTI, Video, dietetic contest, dan Poster baru mulai lomba babak final. Para delegasi boleh menonton kegiatan lomba yang sedang berlangsung seperti N2O, Poster, LKTI, dan Video, sedangkan lomba DC (Dietetic Contest) tidak bisa dilihat. Setelah acara lomba selesai semua, para peserta dan delegasi melakukan city tour. City tour kali ini melihat Sendratari Ramayana di Prambanan. Selesai menonton pertunjukkan sendratari ramayana, para peserta dan delegasi kembali ke hotel untuk beristirahat.

 

Keesokan harinya, hari terakhir acara puncak SCI-FI ada Nutrition National Summit (NNS), yaitu seminar nasional dengan tema “Are You Ready for SDG’s?”. NNS tahun ini mendatangkan tiga pembicara yaitu Ir.Doddy Izwardy, MA , Dr. Toto Sudargo, M.Kes , dan Prof. Ir. Y. Marsono,MS.,Ph.D.   Seminar ini dipandu oleh saudari Rasita sebagai moderator. Setelah pemaparan materi dari 3 pembicara, ada hiburan tari tradisional Ratoeh dari Cut Mutia Himagika. Ratoeh Cut Mutia ini merupakan salah satu program kerja dari bidang MBM (Minat Bakat Mahasiswa) HIMAGIKA. Setelah penampilan Ratoeh, acara NNS ini ditutup dilanjutkan freetime untuk para peserta dan delegasi Sci-Fi, sedangkan yang menjadi anggota ILMAGI mengikuti acara duduk gembira di lantai 2 Graha Wiyata FK UGM.

 

Setelah para peserta istirahat dan sholat Ashar, dilanjutkan acara farewell. Dia acara farewell ini, para panitia memakai kebaya untuk yang perempuan, sedangkan yang laki-laki memakai beskap atau batik. Acara farewell ini dimulai dengan sambutan kemudian dilanjutkan dengan menonton video yang isinya dokumentasi selama 3 hari acara berlangsung. Kemudian ada penampilan akustik dari Mahir Anat Band yang membawakan beberapa lagu. Setelah penampilan akustik, dilanjutkan pemberian award untuk beberapa kategori peserta. Kemudian dilanjutkan pengumuman pemenang lomba yang merupakan momen paling ditunggu oleh para peserta. Pada tahun ini, UGM berhasil menjadi juara umum Sci-Fi Neutron 2016.

 

Sumber : www.scifineutron2016.wordpress.com (edit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *