Gizi Seimbang, Bangsa Sehat Berprestasi – Peringatan Hari Gizi Nasional

Tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasioanal. ILMAGI bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementrian Kelautan dan Perikanan mengadakan kegiatan longmarch dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasioanal ke 55 pada tahun 2015 ini. Pesan yang ingin disampaikan dalam longmarch ini adalah slogan gizi yang baru yaitu Gizi Seimbang, Bangsa Sehat Berprestasi.

Kegiatan longmarch diikuti oleh 100 mahasiswa gizi di Jabodetabek seperti mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Esa Unggul, Universitas Indonesia, dan Universitas Prof. Dr. Hamka. Peserta longmach ini juga ditambah dari Kementrian Kesehatan RI sebanyak 200 orang dan peserta magang PERGIZI (PERSONAL, ). Longmarch juga terlihat meriah dengan rombongan Sari Husada yang berjalan tepat di depan rombongan ILMAGI. Longmarch dari Sari Husada menyampaikan pesan “Ayo Melek Gizi!” kepada masyarakat yang sedang menikmati car free day.

Longmarch dimulai dari patung kuda menuju bundaran HI dan berakhir di Dukuh Atas. Selama longmarch, peserta meneriakan slogan gizi yang baru yaitu “Gizi Seimbang Bangsa Sehat Berprestasi” menggantikan pesan “4 Sehat 5 Sempurna”. Dalam longmarch ini juga diperkenalkan 10 Pesan Gizi Seimbang kepada masyarakat di sepanjang jalur car free day.

HGN 1

Slogan “Gizi Seimbang, Bangsa Sehat Berprestasi” kini menggantikan slogan “4 Sehat 5 Sempurna”. Meskipun 4 Sehat 5 Sempurna sudah sangat mengakar pada masyarakat Indonesia. Kini tugas kita untuk mempublikasikan slogan gizi yang baru. Isi dari slogan ini adalah dengan membiasakan pola hidup gizi seimbang, bangsa Indonesia tidak hanya akan sehat tapi juga akan terwujud peningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Gizi Seimbang itu tercermin dalam 4 pilar gizi seimbang yaitu konsumsi beranekaragam makanan, pola hidup bersih, pertahankan berat badan normal dan aktivitas fisik. 4 pilar tersebut dijabarkan lebih jelas dalam 10 Pesan Gizi Seimbang. 10 Pesan Gizi Seimbang tersebut yaitu Syukuri dan nikmati anekaragam makanan; Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan; Biasakan konsumsi anekaragam makanan pokok; Biasakan konsumsi lauk pauk yang berprotein tinggi; Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak; Biasakan sarapan; Biasakan minum air putih yang cukup dan aman; Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir; Lakukan aktivitas fisik cukup dan pertahankan berat badan normal.

Di bundaran HI, peserta longmarch membagikan cakram IMT secara gratis. Cakram IMT merupakan media yang mempermudah masyarakat untuk menilai status gizi dengan menggunakan tinggi badan dan berat badan. Di balik cakram juga terdapat gambar tumpeng gizi seimbang dan gambar piring makanku. Dengan pembagian cakram ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara mengukur status gizi dan mempertahankan berat badan. Masyarakat juga diharapkan dapat mengetahui porsi makan yang baik dalam setiap kali makan serta membiasakan gaya hidup gizi seimbang.

Rombongan longmarch mengakhiri kegiatan ini di daerah dukuh atas dan bergabung dengan peserta dari Kementrian Perikanan dan Kelautan. Kementrian Perikanan dan Kelautan juga merayakan Hari Gizi Nasional dengan mengkampanyekan “Ayo Makan Ikan, biar Sehat, Kuat dan Cerdas”. Kampanye ini juga sejalan dengan pesan gizi seimbang keempat yaitu ajakan untuk makan makanan tinggi sumber protein yaitu salah satunya adalah ikan. Ikan juga sumber protein hewani yang lebih baik dari daging merah terutama untuk menjaga kadar kolesterol darah.

Selamat Hari Gizi Nasional ke 55. Selamat ikut berperan dalam upaya perbaikan gizi bangsa Indonesia dengan profesimu.

HGN 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *