HUMAN MILK OLIGOSACCHARIDES INHIBIT CANDIDA ALBICANS INVASION OF HUMAN PREMATURE INTESTINAL EPITHELIAL CELLS

Oleh : Nur Dian Haznawati

PENDAHULUAN

ASI seringkali dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan untuk bayi dibandingkan dengan susu formula. Salah satu komponen molekular dalam ASI yang penting adalah oligosakarida. Oligosakarida ASI (HMOs) berperan meningkatkan perkembangan beberapa bakteri khusus di dalam intestinal, seperti Bifidobacteria dan Bacteroides. Candida albicans, salah satu jenis koloni jamur dalam usus bayi baru lahir dapat menyebabkan sebagian besar penyakit jamur pada usus bayi dan tinggi kaitannya dengan penyakit usus yang mengancam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa HMOs melindungi sel epitel usus bayi prematur (pIECs) dari invasi yang disebabkan oleh Candida albicans.

METODE

Metode yang digunakan unuk meneliti invasi jamur adalah dengan menggunakan Assay Immunositokimia Quantitative untuk membedakan C. Albicans yang invasi atau tidak dengan ada atau tidaknya HMOs. Untuk mengetahui bagaimana HMOs mempengaruhi invansi C. Albicans pada sel epitel usus bayi prematur, dilakukan pengukuran terhadap tanda dari sifat-sifat berbahaya C. Albicans yang penting.

HASIL

Perlakuan dengan invasi tereduksi HMOs pada pIECs oleh C.albicans dalam dosis 14-67% dengan konsentrasi fisiologi HMOs (15mg/mL) menyebabkan penurunan invasi sebesar 52% (P <0.05). Penurunan kemampuan invasif C. Albicans dikaitkan dengan panjang hyphal yang lebih pendek ~30% (P <0.05) yang mungkin dikarenakan penundaan pada induksi morfogenesis hyphal setelah inokulasi ragi untuk pIECs, yang dihubungkan dengan penurunan 23% dalam pengkombinasian tingkat ekspresi gen spesifik hyphal (P <0.05). Sebagai tambahan, HMOs menyebabkan 40% penurunan jumlah sel C. Albicans yang dikaitkan dengan pIECs pada saat induksi.

KESIMPULAN

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa HMOs menurunkan sifat berbahaya Candida albicans dan menganjurkan peran HMOs dalam melindungi usus bayi prematur dari invasi dan bahaya Candida albicans.

Sumber :

Sara Gonia MT, Timothy Heisel, Chloe Autran, Lars Bode, Cheryl A Gale. 2015. Human Milk Oligosaccharides Inhibit Candida albicans Invasion of Human Premature Intestinal Epithelial Cells. Journal of Nutrition 145(7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *