Kabinet Dirgantara ILMAGI 2020/2021 “PERIODE TENGAH TAHUN TELAH BERLALU”

Kabinet Dirgantara ILMAGI 2020/2021

“PERIODE TENGAH TAHUN TELAH BERLALU”

Tak terasa kepengurusan Kabinet Dirgantara ILMAGI 2020/2021 telah berjalan setengah periode, hal tersebut ditandai dengan telah terlaksananya Pramunas XIII dan LKMM Nasional ILMAGI 2021 yang diadakan pada tanggal 9 April sampai dengan 11 April 2021 oleh ILMAGI yang bekerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) sebagai pemegang tender.

Pramunas adalah salah satu program kerja nasional ILMAGI yang merupakan singkatan dari Pra-Musyawarah Nasional. Pramunas adalah pertemuan tengah tahun untuk membahas dan memaparkan Laporan Tengah Tahun ILMAGI untuk diketahui seluruh Pengurus Harian Nasional dan anggota ILMAGI. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pramunas diadakan bersamaan dengan kegiatan LKMM (Latihan Kepemimpinan Manajerial Mahasiswa) Tingkat Nasional yang merupakan salah satu Program Kerja dari Departemen PSDM.

Kegiatan Pramunas XIII dan LKMM Nasional ILMAGI 2021 diikuti oleh 34 Perguruan Tinggi yang tergabung di ILMAGI dengan kurang lebih melibatkan sebanyak 150-an peserta yang merupakan Mahasiswa S1 Gizi se-Indonesia dengan mengambil tema “The Collectivity and the Professionalism in Dealing with Pandemic COVID-19 Through Nutrition” yang dilaksanakan secara daring atau virtual melalui media Zoom Cloud Meetings.

Pada hari pertama yaitu tanggal 9 April 2021 diisi dengan agenda Opening Ceremony; City Tour; serta pemaparan Laporan Tengah Tahun ILMAGI dari Departemen Adhoc, Finansial, Humas, Infokom, dan Koordinator Wilayah 1, 2, dan 3.


Selanjutnya pada hari kedua yaitu tanggal 10 April 2021 dikhususkan dengan agenda LKMM Nasional ILMAGI yang melibatkan 3 pemateri. Pemateri 1 adalah Dr. Mite Setiansah, S.IP., M.Si. dengan membawakan materi tentang “Self Leadership Building“, kemudian Pemateri 2 adalah Teguh Jati Prasetyo, S.Gz., M.Si. yang membawakan materi tentang “Leading People, Leading Change!“, serta Pemateri 3 adalah Muhammad Nur Hasan Syah, S.Gz., M.Kes. yang membawakan materi tentang “Peran dan Fungsi Ormawa Gizi di Indonesia“.


Kemudian pada hari terakhir yaitu tanggal 11 April 2021 dilanjutkan dengan agenda pemaparan Laporan Tengah Tahun ILMAGI dari Departemen IAD, Pendprof, Pengabmas, PSDM, dan dilanjutkan dari Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Sekretaris Jenderal dan Wakil Sekretaris Jenderal, dan yang terakhir dari Dewan Pertimbangan Agung (DPA). Setelah pemaparan Laporan Tengah Tahun selesai, dilanjutkan dengan agenda ANIMA (Alumni ILMAGI). ANIMA merupakan Program Kerja dari Departemen Humas ILMAGI yang mendatangkan alumni ILMAGI untuk sharing tentang ILMAGI berupa Talk Show. Setelah itu, agendanya adalah Closing Ceremony. Namun sebelum agenda tersebut dilakukan, terdapat pengumuman Best Staff of The Year dari setiap Departemen dan pengumuman Best Departemen of The Year yang dimenangkan oleh Departemen PSDM sebagai Best Departemen untuk Periode Tengah Tahun ini.

Sebelumnya telah dilaksanakan 2 Program Kerja Nasional ILMAGI yaitu Rakernas dan Scifi Neutron. Rakernas yang merupakan singkatan dari Rapat Kerja Nasional adalah kegiatan awal tahun bagi kepengurusan ILMAGI dengan rangkaian kegiatan berupa membahas program kerja ILMAGI selama satu periode kepengurusan serta tenderisasi acara nasional. Rakernas tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 13 November sampai dengan 15 November 2020 oleh ILMAGI yang bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) sebagai pemegang tender secara daring atau virtual melalui media Zoom Cloud Meetings.

Sementara itu, Scifi Neutron adalah salah satu program kerja nasional ILMAGI yang terfokus pada kegiatan lomba-lomba ilmiah bagi para mahasiswa gizi se-Indonesia. Kegiatan Scifi Neutron tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 26 Februari sampai dengan 28 Februari 2021 oleh ILMAGI yang bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS) sebagai pemegang tender juga secara daring atau virtual melalui media Zoom Cloud Meetings.

Total dari 5 program kerja nasional ILMAGI telah terlaksana sejumlah 3 yaitu: Rakernas, Scifi Neutron, dan Pramunas. Oleh karena itu, masih tersisa 2 program kerja nasional ILMAGI lainnya yaitu GPI dan Munas. Untuk itu, sampai jumpa di kegiatan nasional ILMAGI berikutnya!

Tetap semangat, stay safe, dan stay healthy!

ILMAGI
Change For Better!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *