Nusantara Health Collaborative, Universitas Indonesia, Depok, 7-8 Juni 2014

“Interprofessional Health Collaboration Towards Diabetes Mellitus Care in Urban Area”

 Health Professional Education Quality Students (HPEQ Students) berkolaborasi dengan Indonesian Young Health Professionals’ Society (IYHPS)

Universitas Indonesia, Depok, 7-8 Juni 2014

 

Proyek Health Professional Education Quality (HPEQ) Ditjen Dikti Kemdikbud yang fokus pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi kesehatan sejak tahun 2011 telah mendukung inisiasi gerakan moral interprofessional collaboration atau kolaborasi interprofesi melalui berbagai program yang mengakarkan nilai – nilai kolaborasi dan pendidikan interprofesi seperti konferensi internasional yang mengedepankan tema kolaborasi interprofesi, kajian mengenai persepsi dan kesiapan implementasi pendidikan interprofesi, hibah penelitian dan pengajaran terkait pendidikan interprofesi, publikasi internasional mengenai pengembangan pendidikan interprofesi di Indonesia, hingga kompetisi foto dan video yang mengangkat tema kolaborasi dan pendidikan interprofesi. Gerakan ini sejalan dengan misi Kemdikbud dalam hal integrasi proses, resource sharing, dan optimalisasi TIK. Peran aktif mahasiswa dan profesional kesehatan muda di Indonesia sebagai agent of change diharapkan dapat menjadi kunci keberhasilan implementasi program ini.

Dalam rangka mendukung usaha tersebut, Ditjen Dikti Kemdikbud mendukung inisiasi dari tim HPEQ Student dan Indonesian Young Health Professionals’ Society (IYHPS) untuk menyelenggarakan program “Nusantara Health Collaborative” (NHC) yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman mengenai pendidikan dan kolaborasi interprofesi kepada mahasiswa dan profesional muda kesehatan di seluruh Nusantara. Program ini akan dilaksanakan secara simultan mulai bulan Mei hinggal Oktober 2014 di 10 regional di Indonesia. Penyelenggaraan NHC di 10 regional ini bertujuan untuk menghimpun isu – isu implementasi kolaborasi interprofesi dan kasus spesifik di setiap wilayah agar nantinya dapat menjadi evidence based model untuk pendidikan interprofesi dan juga dapat disusun modul komprehensif untuk gambaran kolaborasi dan pendidikan interprofesi di setiap regional.

Program NHC diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan pemahaman seluruh mahasiswa kesehatan dan profesional kesehatan muda di Indonesia mengenai pentingnya penerapan pendidikan interprofesi sejak dini, sehingga nantinya dapat terbangun kolaborasi interprofesi dalam memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat.

Setelah sukses menggelar NHC pertama di regional Jawa Timur dan NHC kedua di regional Banda Aceh, rangkaian NHC selanjutnya akan diadakan di regional DKI Jakarta, Banten, dan Lampung, dimana NHC kali ini bekerja sama dengan Universitas Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 7-8 Juni 2014. Kegiatan NHC kali ini akan melibatkan sekitar 200 peserta yang terdiri dari 89 mahasiswa, 22 profesional muda dan 89 perwakilan organisasi mahasiswa, serta mengundang pimpinan institusi dan dosen dari institusi di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Lampung.

Pada hari pertama, 7 Juni 2014, kegiatan akan dilakukan di Auditorium Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia dengan agenda workshop dan Seminar mengenai Pendidikan interprofesi sebagai jembatan menuju praktik kolaborasi.

Pada hari kedua, 8 Juni 2014, kegiatan akan dilaksanakan di tempat yang sama. Kegiatan di hari kedua adalah presentasi peserta, talk show mengenai…. serta sosialisasi Bimkes, IYHPS, dan program Penulis Muda Kesehatan. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mesimulasikan praktik kolaborasi interprofesi, khususnya dalam penanganan diabetes mellitus di area urban. Selain itu, diharapkan dapat terbentuk konsensus aliansi kolaborasi interprofesi mahasiswa kesehatan di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Lampung, untuk meneruskan gerakan pengakaran kolaborasi interprofesi dan pendidikan interprofesi di institusi dan wilayah masing – masing.

Demi menjaga keberlanjutan program NHC ini, diharapkan dukungan dari pihak universitas, asosiasi institusi pendidikan maupun organisasi kesehatan agar program NHC ini bisa benar – benar diimplementasikan untuk Indonesia yang lebih baik.

 

 

Info lebih lanjut:

  • Ketua Nasional         : Iswandy Turu’Allo (085353337144)
  • Ketua Regional 1      : Beta Sindiana Dewi (082231782754)
  • Media sosial               : hpeqstudent.org, iyhps.org, @hpeqstudent, @iyhps, email :ina.iyhps@gmail.com

 

Jakarta, 6 Juni 2014

Panitia Regional 3

Nusantara Health Collaborative

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *