PROANTHOCYANIDINS: Vitamin P yang Satu Ini Musuh Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit tidak menular atau disebut NCD (non-communicable diseases). Meskipun demikian, kanker termasuk salah satu NCD penyebab kematian tertinggi di dunia, khususnya kawasan negara berkembang seperti negara-negara Afrika, Asia Tenggara, Hollister UK Outlet  dan Mediterania Timur. Berbagai studi untuk menemukan pencegahan dan pengobatan kanker terbaik masih dilakukan hingga saat ini. Salah satunya yaitu ditemukannya adanya kemampuan zat proanthocyanidins dalam mencegah timbulnya penyakit kanker.

Proanthocyanidins (tannin kental) merupakan molekul golongan bioflavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh, fungsi Hollister Outlet UK  antioksidan ini 20 kali lebih baik dibandingkan vitamin C dan E. Bioflavonoid atau sering dikenal sebagai vitamin P sendiri sebenarnya meliputi beberapa zat seperti hesperin, hesperidin, eriodictyol, quercetin, quercertrin, rutin, myricetin, apigenin, luteolin, catechin,  citrin, luteolin, dan flavonoid lainnya. Nutrien ini tidak bisa dibuat oleh Hollister Outlet  tubuh dan harus didapatkan dari makanan.

Selain fungsi antioksidanya yang baik, fungsi zat ini dalam mencegah kanker yaitu molekul ini mampu memaksa sel-sel kanker untuk bunuh diri (apoptosis). Menurut penelitian in vitro, proanthocyanidins mencegah sintesis protein dalam sel tumor sehingga dapat dikatakan bahwa proanthocyanidins mencegah sel tumor menggandakan diri. Seperti kita ketahui bahwa radikal bebas bereaksi dengan asam lemak tak jenuh rantai panjang di sekitar membran sel Hollister sale  dan nukleotida di sekitar DNA serta ikatan sulfidril pada protein. Proanthocyanidins mencegah pembentukan nitrosamine beserta kemampuannya dalam memutasi DNA.

Bioavaibilitas proanthocyanidins rendah, ditandai dengan pemulihan urin yang sangat rendah (0,5% dosis tertelan). Namun, percobaan yang dilakukan di masa lalu untuk mengidentifikasi bakteri intestinal yang dapat menurunkan proanthocyanidins benar-benar gagal. the north face Sehingga dengan bioavaibilitas demikian, zat ini masih bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya ‘pengganggu’. Adanya pengecualian pada pengguna rokok dan pecandu alkohol, bioavaibilitas proanthocyanidins lebih rendah.

Proanthocyanidins secara alami terkandung dalam beberapa macam buah-buahan, dan bahan makanan seperti kismis, biji anggur, kulit north face canada buah anggur, bilberry, cranberry, kismis hitam, teh hijau, the hitam, kulit kayu pinus, kakao. Namun kontribusi proanthocyanidins yang cukup tinggi terdapat pada serat apel (32%), coklat (17,9%), dan anggur (17,8%).

 

.

 

Sumber:

Manajemen Rumah Sakit. 2014. Prevalensi Kanker di Indonesia dan Dunia. Dikutip pada 8 September 2014 di the north face canada

ITB Analytical Chemistry Research Division. Dikutip pada 8 September 2014 di north face jackets

Tim Olvista. 2013. Olvista.com [Internet]. Mengenal Bioflavonoid (Vitamin P). Dikutip pada tanggal 8 September 2014 di http://olvista.com/nutrisi/mengenal-bioflavonoid-vitamin-p/

Mikail, Bramirus. 2011. 7 Antioksidan Super. Jakarta: Kompas.com

Ouwehand, Arthur C., Vaughan, Elaine A. 2006. Gastrointestinal Mikrobiology. New York: Taylor & Francis Grouphere

Schrelber, David Servan. Hidup Bebas Kanker: Terobosan Terbaru Mencegah, Melawan, dan Mengobati Kanker. Bandung: Qanita

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *