KABAR UJI KOMPETENSI NUTRISIONIS TAHUN 2021

KABAR UJI KOMPETENSI NUTRISIONIS TAHUN 2021

Pada tanggal 31 Desember 2020, Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) telah mengeluarkan surat Pemberitahuan Pelaksanaan Tryout dan Uji Kompetensi Program Sarjana Gizi/Nutrisionis No.188/AIPGI/XII/2020. Dalam surat tersebut diinformasikan bahwa AIPGI dan PERSAGI telah menyepakati untuk melaksanakan Uji Kompetensi Sarjana Gizi/Nutrisionis yang bersifat sukarela sesuai surat dari Direktur Belmawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) No.3438/E2/PP/2020 Perihal Uji Kompetensi Sarjana Gizi, surat dari Pimpinan Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI) serta surat dukungan dari 47 Rektor/Pimpinan Pendidikan Tinggi yang memiliki mahasiswa program sarjana gizi semester 8.

Berdasarkan hasil keputusan diatas, maka Tyout Uji Kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2021 sedangkan Uji Kompetensinya sendiri dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2021 dengan metode CBT (Computer Based Test) online. Bentuk soal yang diujikan berupa pilihan ganda berbasis kasus yang dituangkan secara naratif dengan jumlah soal sebanyak 180 soal untuk diselesaikan dalam waktu maksimal 180 menit. Di dalam surat tersebut dinyatakan bahwa pihak panitia akan melakukan sosialisasi dan pembekalan secara daring via zoom tentang hal ini kepada semua Pimpinan Prodi Gizi, Panitia, dan Mahasiswa calon peserta Uji Kompetensi.

Adapun pendaftaran Tryout dan Uji Kompetensi dapat dilakukan secara online mulai tanggal 8 Januari 2021 melalui virtual account pada laman website http://www.aipgi.org/ukomgizi. Setiap peserta dapat melakukan pembayaran setelah diverifikasi oleh Program Studi tempat mahasiswa/lulusan tersebut berasal. Akun Bank dana UKOM yang akan diaudit oleh akuntan publik setiap tahunnya. Untuk lebih jelasnya, Timeline Uji Kompetensi Nutrisionis/Sarjana Gizi dapat dilihat dibawah ini:

Berikut adalah Persyaratan Peserta Tryout dan UKOM Nutrisionis yang Bersifat Sukarela Tahun 2021:

  1. Lulusan program Pendidikan sarjana gizi yang tercatat di pangkalan data Dikti, atau
  2. Mahasiwa aktif dan telah menyelesaikan pendidikan minimal 125 SKS di program pendidikan sarjana gizi dibuktikan dengan transkrip nilai, atau
  3. Lulusan program Pendidikan sarjana terkait dengan bidang gizi (misalnya sarjana kesehatan masyarakat peminatan gizi, sarjana pertanian jurusan GMSK) yang lulus S1 sebelum tahun 2010 – sebelum ada S.Gz yang telah bekerja dalam bidang pelayanan gizi dibuktikan dengan surat pernyataan yang bersangkutan.
  4. Seluruh peserta diwajibkan mengisi formulir surat pernyataan bermaterai dan ditandatangani tentang persetujuan mengikuti Tryout Uji Kompetensi yang bersifat sukarela/voluntary untuk mendapatkan sertifikat kompetensi (Serkom) dalam rangka penjaminan mutu pendidikan.

Untuk itu, dalam rangka menyukseskan dan mempersiapkan calon peserta Tryout dan Uji Kompetensi, AIPGI meminta kepada Departemen/Ketua Jurusan/Ketua Program Studi Sarjana Gizi se-Indonesia untuk berkoordinasi dengan penyelenggara di lokasi terdekat. Maka dari itu, untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Departemen/Ketua Jurusan/Ketua Program Studi Sarjana Gizi atau mengunjungi website http://www.aipgi.org/ukomgizi dan Instagram AIPGI @aipgi.

ILMAGI menghimbau kepada para mahasiswa gizi/lulusan gizi sebagai calon peserta UKOM untuk terus melakukan persiapan berupa pendaftaran, pemantapan materi, latihan soal, dan persiapan teknis lainnya.

#UKOM

#UKOMNUTRISIONIS

#UKOMSARJANAGIZI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *