DIET ATKINS

Oleh : Himaa Aliya

Diet sering disalahartikan untuk mengurangi makanan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Padahal dalam serapan kata arti diet ini adalah untuk mengatur pola makan. Sampai sekarang masih banyak orang menyalahartikan diet. Oleh karena itu, perlu diluruskan sesuai dengan menurunkan berat badan yang sebenarnya.

Diet sangat akrab di kalangan wanita, karena wanita sering menginginkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Cara ini dipercaya dapat membantu mereka untuk mengonsumsi makanan dengan porsi cukup yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga berat badan mereka lebih terkontrol dan terjaga.

Dalam Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga 2009 keluaran Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), diet memiliki arti sebagai pengaturan pola makan dan konsumsi minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi atau diperolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan dan penurunan berat badan. Maka dari itu, diet dapat didefinisikan sebagai usaha sesorang untuk mengatur pola makan dan mengurangi makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Dewasa ini, diet memiliki banyak jenis. Diet Atkins adalah salah satu dari diet terkini.

Diet Atkins adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi protein. Diet Atkins pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Robert C. Atkins bagi membantu seseorang individu untuk mengurangkan berat badan melalui konsep pembakaran karbohidrat dan lemak di dalam badan. Dr Atkins mula mengembangkan ide karbohidrat rendah dalam makanan semenjak tahun 1970an namun kurang mendapat sambutan. Pada masa itu, rakyat Amerika telah banyak mengikuti low-fat diet atau diet rendah lemak. Dr Atkin telah membuat kajian mengenai low carbohydrate diet dan mendapati yang mereka yang mengamalkan pemakanan kurang dalam karbohidrat tetapi tinggi dengan protein mampu menghilangkan berat badan yang berlebihan dan kekal dalam keadaan langsing seumur hidup.

Ada empat fase yang  harus dilakukan dalam diet ini yaitu fase pengenalan, fase penurunan berat badan, fase pra-pemeliharan dan fase pemeliharan seumur hidup. Makanan yang harus dimakan sesuai dengan perkembangan fase. Fase pengenalan adalah fase yang paling sulit, dimana fase ini harus banyak makanan yang harus dijadikan pantangan. Dalam fase ini, asupan karbohidrat yang dikonsumsi tidak boleh melebihi dari 20 gram/hari. Pada fase pemeliharan berat badan, asupan berat badan boleh ditambahkan sebesar 5 gram. Fase pra-pemeliharaan memungkinkan peningkatan asupan karbohidrat sebesar 10 gram, sedangkan fase pemeliharan seumur hidup menekan kebiasaan baik dari fase-fase sebelumnya.

Kelebihan dari diet ini adalah ketika melakukan program diet maka tidak akan merasa lapar tetapi dapat menurunkan berat. Diet Atkins akan mendorong metabolisme tubuh Anda dan begitu metabolisme Anda berubah, tubuh Anda akan menyesuaikan diri secara otomatis dengan cara pembakaran lemak yang baru. Selain itu, dengan mengontrol kadar insulin tetap rendah, mereka yang menderita penyakit jantung, hipertensi dan diabetes akan menampakkan adanya kemajuan klinis yang cukup berarti.

Kekurangan dari diet atkins adalah sebuah ketakutan utama makanan yang tinggi protein seringkali tinggi kadar lemak jenuhnya. Makan berprotein tinggi juga dapat menurunkan kadar kalsium yang dapat mencetuskan terjadinya osteoporosis. Begitu juga dengan orang yang memiliki masalah kesehatan seperti penderita liver dan ginjal, bisa mendapatkan stres yang tidak semestinya akibat tubuh mencoba untuk menghilangkan keton. Ahli gizi lainnya mengamati bahwa diet ini bisa menimbulkan masalah konstipasi, usus besar, ginjal atau naiknya kadar kolesterol. Anda juga akan mengalami bau mulut karena naiknya ketone.

Robert H. Eckel, kepala komite nutrisi American Heart Association mengatakan kalau diet ini tidak melalui riset yang cukup untuk memback-up klaimnya. Sehingga ia menyarankan untuk lebih berhati-hati. Ahli gizi Wendy Martinson memperingatkan agar anda tidak melakukan diet Atkins bila Anda sering berolahraga (4-5 kali seminggu). Karena untuk berolahraga Anda membutuhkan bahan bakar. Tubuh memang bisa mendapatkannya dengan membakar lemak, tapi tidak secepat yang dibutuhkan tubuh anda untuk berolahraga. Akibatnya anda akan kekurangan energi.

Sumber :

Read more:http://doktersehat.com/apa-itu-diet-atkins/#ixzz3hA7ORS2u (diakses tanggal 28 juli 2015. 12.30)
http://www.amazine.co/22339/pendekatan-nutrisi-4-tahapan-diet-atkins/ (diakses tanggal 28 juli 2015. 13.30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *